SMP Negeri 9 Magelang

SMP Negeri 9 Magelang Tetap Adakan Workshop Meski Pandemi

SMP Negeri 9 Magelang mengadakan workshop secara daring berkaitan tentang Visi Misi dan Penyusunan KTSP, EDS, RKS, dan RKAS tahun 2021. Acara berlangsung selama tiga hari pada Selasa-Kamis (6-8/7) diikuti oleh hampir seluruh guru di SMP Negeri 9 Magelang secara daring dengan materi tentang kependidikan dan peserta yang mengikuti akan mendapatkan sertifikat.

Hari pertama workshop dibuka oleh sambutan Drs. Agus Sudjito selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Magelang. Beliau menyampaikan tentang pembelajaran di era digital guru dituntut untuk lebih aktif dan kreatif. “Guru harus menggunakan media pembelajaran yang inovatif supaya pembelajaran secara daring tidak terasa membosankan,” ungkap Pak Agus.

Beliau menyampaikan tantangan pembelajaran selama pandemi adalah tuntutan guru sebagai fasilitator pengembang kemampuan peserta didik harus dapat menguasai teknologi dan harus dapat menuntaskan sebuah permasalahan. “Guru tidak hanya bekerja keras, tetapi juga kerja cerdas dan kerja tuntas,” kata beliau.

Selain itu, Workshop KTPS, EDS, RKS, dan RKAS SMP Negeri 9 Magelang tahun 2021 di hari pertama ini juga disampaikan pembagian tugas guru dan karyawan SMP Negeri 9 Magelang. Mulai dari pembagian jam mengajar, pembagian tugas delapan standar pendidikan, pembagian pembina ekstrakrikuler disampaikan oleh Dr. Siti Yulaecha, S.Pd., M.Si selaku Kepala SMP Negeri 9 Magelang.

Hari kedua pelaksanakan workshop disampaikan oleh Nok Mujiyati, M.Pd selaku Pengawas SMP Negeri 9 Magelang. Beliau menyampaikan tentang sistem pembelajaran selama pandemi dimulai dari sistem perencanaan pembelajaran dengan mekanisme pembuatan RPP. Kemudian sistem penilaian peserta didik yakni penentuan KKM dan strategi penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik.

 “Semua itu tetap harus dilaksanakan selama pandemi,” kata Ibu Nok saat menyampaikan materi. Ibu Nok Mujiyati juga memberikan motivasi untuk guru untuk tetap memberikan bimbingan agar tidak lepas dari pengawasan guru dan orang tua.

Workshop dilanjutkan hingga hari terakhir dengan pemaparan visi dan misi oleh Kepala SMP Negeri 9 Magelang serta pemaparan EDS, RKS, dan RKAS oleh masing-masing koordinator standar pendidikan di SMP Negeri 9 Magelang.

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *