SMP Negeri 9 Magelang

PROGRAM NEW NORMAL SMP NEGERI 9

Dr. Siti Yulaeha, S.Pd., M.Si.

 

Semenjak pertengahan bulan Maret, semua negara dibelahan dunia mengalami permasalahan yang sama yaitu pandemi Covid-19. Semenjak wabah itu melanda dan terjadi lonjakan korban setiap harinya, sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk melock down beberapa lokasi bahkan ASN diminta untuk work from home. Dampak ini juga mengimbas dalam dunia pendidikan dalam hal ini pelayanan pendidikan harus berubah menyesuaikan kondisi yang ada. Sekolah dan universitas dilarang mengadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah atau di kampus. Sehingga guru dan peserta didik melakukan pembelajaran secara virtual, beberapa kegiatan rapat kedinasan juga dilakukan secara virtual. Beberapa waktu sekolah merubah tatap muka menjadi pembelajaran daring. Guru dipaksakan untuk mengusai teknologi dan memanfaatkan media sosial untuk mendukung kegiatan belajar dari rumah. Pada saat ini setiap orang harus mampu menyesuaikan kemampuannya dengan perubahan. Adapun di lapangan ada beberapa guru atau ASN yang belum siap dengan adanya perubahan sehingga mengalami kebingungan dan kefakuman dalam kegiatan KBM. Demikian juga dialami oleh peserta didik selama belajar di rumah, karena belum terbiasa belajar mandiri sehingga kegiatan ataupun tugas-tugas yang diberikan oleh guru tidak dilaksanakan secara maksimal bhkan ada beberapa yang mengabaikan.

Pemerintah memberikan bantuan kepada Guru Tidak Tetap dan peserta didik berupa paket data, harapan pemerintah untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar selama di rumah. Namun semua itu juga belum mengenai sasaran, karena paket data habis namun tugas sekolah dari guru juga tidak 100 % selesai, hasil survey justru paket data ini untuk medsos, game baik di handphone anak atau ortu. Namun semua ini tidak menyurutkan niat baik pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan di tengah pandemi Covid-19. ASN guru diberikan pelatihan pembelajaran secara online dan free (gratis). Sehingga untuk meningkatkan kemampuan para guru mengikuti secara mandiri. Sehingga pengetahuan dan keterampilan guru semakin meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan seblumnya. Sebagaimana di SMP Negeri 9 beberapa guru telah ikut secara mandiri mengikuti workshop secara online tentang IT dan microsoft 356, dengan harapan guru-guru yang memiliki kesempatan ikut kursus ini mampu menyebarkan pengetahuannya dikalangan rekan kerja.

Pada bulan Juni kondisi beberapa daerah termasuk kota Magelang berangsur baik. Kota magelang berada di Zona Hijau, dengan demikian pemerintah telah menyiapkan regulasi tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di masa Pandemi COVID-19. Lokasi SMP Negeri 9 berada di Magelang Utara dimana lokasi ini berada di ZONA HIJAU, walau diapit oleh beberapa lokasi di kabupaten masih kuning. Berdasarkan pendataan seluruh peserta didik mayoritas berasal dari Kabupaten, walaupun begitu mayoritas berada di zona hijau, walau ada beberapa peserta didik yang masih berada di zona kuning dan merah. Untuk itu maka program sekolah ini sangat penting disusun untuk menjadi pedoman bagi manajemen SMP Negeri 9 dalam melaksanakan pembelajaran di masa Transisi maupun New Normal.

Share this 

Facebook 0
WhatsApp
Twitter
Google+ 0
Email

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *